Pelatihan Komunikasi Efektif dan Pengembangan Kepribadian Bagi Karyawan Museum Balairung Siak

Authors

  • Nurul Mustaqimmah Universitas Abdurrab
  • Muhammad Hanif Ahda Universitas Abdurrab
  • Suci Shinta Lestari Universitas Abdurrab
  • Novi Dini Restia Universitas Abdurrab
  • Muhammad Arif Universitas Abdurrab
  • Muhammad Fadhli Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v2i2.394

Keywords:

Komunikasi Efektif, Grooming, Pengembangan Diri, Museum

Abstract

Komunikasi efektif sangat berguna untuk mencegah atau mengatasi masalah. Komunikasi yang baik tentu akan meminimalisir terjadinya konflik. Kemampuan berkomunikasi dan pengembangan diri sangat erat kaitannya dengan pelayanan public. Pada analisis situasi ditemukan masalah kurang mampunya pengelola museum balaiurung mengemas pesan sehingga pesan dapat diterima dengan baik pula oleh pengunjung. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi seluruh jajaran yang bertugas pada museum balairung Kabupaten Siak. Beberapa materi disampaikan secara berulang dan ditambah sesuai dengan kebutuhan peserta. Kegiatan ini mempunyai dampak positif yang terlihat pada akhir pertemuan diadakan sesi roleplay dan tanya jawab. Para peserta menunjukkan kemampuan berbicara di depan public dan mempraktikkan materi yang telah diberi. Selain itu sebanyak 80% peserta mengaku lebih percaya diri dalam menyampaikan pesan serta mengatur gestur setelah memahami materi yang diberikan.

References

Cangara, hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi2) Jakarta: Rajawali Pers

Arif., dkk. (2022). Literasi Politik Pemilih Pemula Menyongsong Pemilu 2024 di Pondok Pesantren Tahfizul Quran Desa Sungai PinangJurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi kepada Masyarakat. 2 (2).

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking sebagai Komunikasi yang Efektif Roswita Oktavianti1 dan Farid Rusd. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Wantoro.,dkk. Pengambdian Kepada Masyarakat (PKM) Peningkatan Profesional bagi Pengurus OSIS pada SMA Negeri 1 Pagelaran. (2022). Journal Social Science and Tecnology for Community Service. 3 (2)

Fitriani, R. (2019), Strategi Pengelolaan Akun Instagram Dalam Membangun Personal Branding Selebgram. Ilmu sosial dan ilmu politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa A.W.Wijaya. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustaqimmah., dkk. (2022). A Capacity Building (Komunikasi Efektif dan Pengembangan Diri bagi Mahasiswa STEI Iqra Annisa. Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi kepada Masyarakat. 2 (1).

Imawati, A., Solihah, A., Shihab, M. (2016). Analisis Personal Branding Fashion Blogger Diana Rikasari. Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik. 5(3)

Downloads

Published

2023-01-26

Issue

Section

Articles