Edukasi Sertifikasi Halal sebagai Upaya Penguatan Kinerja Bisnis Berkelanjutan pada UMKM Binaan Dinas Koperasi Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v5i2.1437Keywords:
Sertifikasi Halal, UMKM, Pendampingan, Sustainable Business, AwarenessAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pelaku UMKM kuliner binaan Dinas Koperasi Kota Surabaya terhadap pentingnya sertifikasi halal sebagai strategi keberlanjutan bisnis. Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya literasi halal dan partisipasi UMKM dalam proses sertifikasi, meskipun program fasilitasi seperti SEHATI telah tersedia. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif dan partisipatif, melalui kegiatan sosialisasi, pelatihan teknis penggunaan platform SiHalal, serta pendampingan individual dalam penyusunan dokumen sertifikasi. Kegiatan ini melibatkan 100 pelaku UMKM dan dilaksanakan selama periode empat bulan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap urgensi sertifikasi halal, dengan sebagian pelaku UMKM menyatakan minat untuk segera mengurus legalitas halal. Terdapat perubahan sikap yang positif terhadap persepsi biaya dan kerumitan prosedur setelah edukasi dilakukan. Kegiatan ini berhasil membangun pondasi awal bagi integrasi prinsip halal dalam praktik usaha mikro secara lebih strategis dan berkelanjutan, meskipun partisipasi formal dalam sertifikasi masih terbatas. Pendampingan lanjutan diperlukan untuk mendorong realisasi legalitas halal secara menyeluruh.
References
M. A. Fathoni, “Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 6, no. 3, p. 428, Oct. 2020, doi: 10.29040/jiei.v6i3.1146.
H. H. Adinugraha and H. H. Nadhifah, “Analysis of Factors influencing the Purchasing Decision of Facial Foam labeled Halal,” Journal of Digital Marketing and Halal Industry, vol. 2, no. 1, pp. 65–80, Apr. 2020, doi: 10.21580/jdmhi.2020.2.1.5283.
M. S. E. Azam and M. A. ABDULLAH, “GLOBAL HALAL INDUSTRY: REALITIES AND OPPORTUNITIES,” International Journal of Islamic Business Ethics, vol. 5, no. 1, p. 47, Mar. 2020, doi: 10.30659/ijibe.5.1.47-59.
R. Ernayani and F. Firman, “Transformasi Industri Halal: Keberlanjutan dan Inovasi dalam Perekonomian Syariah,” Jesya, vol. 7, no. 1, pp. 1011–1020, Jan. 2024, doi: 10.36778/jesya.v7i1.1490.
Mujahidin, “The potential of halal industry in Indonesia to support economic growth,” Mujahidin, vol. 02, no. 01, pp. 77–90, 2020, [Online]. Available: https://doi.org/10.24256
S. Khayisatuzahro Nur, “At-Tasharruf; Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah 72 Progam SEHATI: Kemudahan Pelaksanaan Sertifikasi Halal bagi UMKM”.
J. Juliana, R. Revinda, R. A. Al Adawiyah, F. Manne, A. Umar, and A. M. Oroji, “Opportunities and Challenges of Halal Certification in Micro, Small and Medium Food Enterprises (MSMEs) in Bandung,” Jurnal Kajian Peradaban Islam, vol. 7, no. 2, pp. 153–160, Nov. 2024, doi: 10.47076/jkpis.v7i2.228.
Armiani, B. Basuki, and S. Nurrahmadani, “Sertifikat Halal Menjadi Strategi Pemasaran Bagi UMKM Nonmuslim dalam Meningkatkan Penjualan,” Prosiding Seminar Stiami, vol. 8, no. 1, pp. 22–27, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0