Membangun Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Bajawa Melalui Pendampingan Paduan Suara

Authors

  • Maria Magdalena Beo STKIP Citra Bakti Ngada
  • Hermania Bupu STKIP Citra Bakti Ngada

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i1.1363

Keywords:

Disiplin, Siswa, Paduan Suara, Tanggung Jawab , Pendampingan

Abstract

Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya disiplin siswa dalam mengatur waktu dan bertanggung jawab. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan pendampingan paduan suara yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar lebih teratur mengikuti jadwal pelatihan, meningkatkan rasa tanggung jawab, dan membangun kerja tim. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bajawa yang mengikuti paduan suara. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disiplin mahasiswa mulai berubah sejak sebelum adanya bantuan paduan suara. Jadi, kegiatan pendampingan ini sangat membantu mahasiswa dalam mengatur waktu dan bertanggung jawab.

References

Y. Nugraha and L. Rahmatiani, ‘Pelaksanaan dan Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembinaan Karakter Disiplin Siswa’, in Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, Nov. 2017, pp. 96–102. [Online]. Available: https://eprints.uad.ac.id/9765/

A. H. Rofi’ie, ‘Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan’, WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, vol. 1, no. 1, pp. 113–128, May 2017, doi: 10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7.

Y. Nanda and T. Suyanto, ‘Pembentukan Kedisiplinan Siswa Melalui Program Pendidikan Karakter “Dedicate” di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya’, Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, vol. 7, no. 3, pp. 1301–1315, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/30597

K. Khaidir, ‘Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Keteladanan Guru Terhadap Siswa SD Negeri Bambong’, in Proceedings Conference of Elementary Studies: Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial, Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2020, pp. 247–254. [Online]. Available: https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/4830

N. E. S. Elbiana, ‘Upaya Pendidikan Karakter Siswa Melalui Metode Pembiasaan Di SMAN 2 Ponorogo’, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Ponorogo, 2019. [Online]. Available: https://etheses.iainponorogo.ac.id/7026/

A. Yuanita, ‘Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Relevansinya Terhadap Nilai Pendidikan SD Islam Kradenan Tahun 2010/2011’, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2011. [Online]. Available: https://eprints.ums.ac.id/13967/

A. Imran, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books/about/Manajemen_Peserta_Didik_Berbasis_Sekolah.html?id=MmmoEAAAQBAJ&redir_esc=y

N. A. Wizari, ‘Peran Seni Sebagai Pembentuk Karakter’, in Seminar Nasional Institut Kesenian Jakarta: Delivering Messages Between Spaces, Jakarta: Institut Kesenian Jakarta, 2022, pp. 1–8. [Online]. Available: https://proceeding.ikj.ac.id/index.php/semnasIKJ/article/view/34

I. Mohamad and S. N. Botutihe, ‘Pendidikan Seni Rupa sebagai Media Pembentuk Karakter’, in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2021, pp. 21–25. [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/816

M. Heristian, A. Efi, and B. Budiwirman, ‘Mengembangkan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Seni Budaya’, Gorga: Jurnal Seni Rupa, vol. 11, no. 2, pp. 410–416, Dec. 2022, doi: 10.24114/gr.v11i2.35339.

S. T. Oktari and D. Desyandri, ‘Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Seni Musik’, Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 2, pp. 1771–1779, Jun. 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i2.897.

P. Y. P. Dewi, N. M. Asril, and D. A. P. Handayani, ‘Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Menstimulasi Kemampuan Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 1, pp. 32–42, Jul. 2021, doi: 10.23887/paud.v9i1.35570.

A. Sofyan and B. Susetyo, ‘Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Semarang’, Jurnal Seni Musik, vol. 6, no. 2, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/jsm/article/view/18593

A. E. Martini, M. Matsuri, and R. Ardiansyah, ‘Analisis Implementasi Pendidikan Seni Tari Berdasarkan Teori Pendidikan Kesenian Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar’, Didaktika Dwija Indria, vol. 11, no. 4, pp. 37–41, Nov. 2023, doi: 10.20961/ddi.v11i4.77394.

A. W. Rahmadan, ‘Perkembangan Karakter Percaya Diri Siswa Pada Paduan Suara di Ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Punggur’, Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2024. [Online]. Available: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82077

F. Febrianti, M. Mahmud, and R. Hifid, ‘Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Paleleh Barat’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 8, no. 2, pp. 1535–1552, May 2022, doi: 10.37905/aksara.8.2.1535-1552.2022.

B. Febriyanto, D. S. Patimah, A. P. Rahayu, and E. I. Masitoh, ‘Pendidikan Karakter dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah’, Jurnal Elementaria Edukasia, vol. 3, no. 1, pp. 75–81, Apr. 2020, doi: 10.31949/jee.v3i1.2107.

L. Puspitasari, C. Sa’dijah, and S. Akbar, ‘Pembinaan Kedisiplinan Siswa melalui Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 4, no. 5, pp. 600–608, May 2019, doi: 10.17977/jptpp.v4i5.12418.

A. S. Rahayu, J. Julia, and I. Isrok’atun, ‘Penerapan Metode Kodaly Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Solmisasi Siswa Pada Materi Simbol Nada’, Jurnal Pena Ilmiah, vol. 2, no. 1, pp. 501–510, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10020

L. Adella, ‘Perkembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Paduan Suara di SD Santo Antonius I dan II Medan’, Grenek Music Journal, vol. 7, no. 2, pp. 206–212, Oct. 2017, doi: 10.24114/grenek.v7i2.10985.

M. Mulawarman, ‘Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa (Studi di MAN 1 dan MAN 2 Lombok Timur)’, Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, vol. 8, no. 4, pp. 1443–1456, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/354

Downloads

Published

2025-05-09

Issue

Section

Articles