Integrasi Media Pembelajaran Kartu Huruf dan Kartu Angka dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SD Negeri 01 Paseban

Authors

  • Nur Rizki Indah Jaya Nur Rizki Universitas Muhammadiyah Bone
  • Naimah Naimah Unversitas Muhammadiyah Bone
  • Aspikal Aspikal Unversitas Muhammadiyah Bone

Keywords:

Literasi, Numerasi, Media Pembelajaran, Kartu Huruf, Kartu Angka

Abstract

Literasi merupakan kemampuan dasar memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sebagai pondasi untuk kecakapan atau keterampilan. Numerasi adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka, simbol dan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Literasi dan numerasi sangat penting untuk ditingkatkan di bidang pendidikan sekolah dasar karena keduanya merupakan pondasi utama dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi dan numerasi siswa SD Negeri 01 Paseban, khususnya ditingkat kelas 3 sampai 6 ada beberapa siswa masih kesulitan dalam membaca, menulis dan menghitung. Oleh karena itu, di perlukan model belajar yang bisa mengurangi kendala tersebut. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa di Sd Negeri 01 Paseban. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan mengintegrasikan media pembelajaran kartu huruf dan kartu angka dalam proses pembelajaran siswa. Subjek dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah siswa kelas 3, 4, 5 dan 6 di SD Negeri 01 Paseban. Dimana siswanya terdiri dari 10 Orang ( 5 Orang dari kelas 3,  2 orang dari kelas 4, 2 Orang dari kelas 5 dan 1 Orang dari kelas 6). Berdasarkan dari kegiatan yang telah dilakukan pengintegrasian media pembelajaran tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa SD Negeri 01 Paseban. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan siswa, yang awalnya mereka tdk terlalu mengenal huruf dan angka, kini mulai mengenal dan bisa membedakan angka dan huruf huruf tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi oleh guru-guru menggunakan pembelajaran yang interaktif dan membuat siswa menjadi semangat untuk belajar.

References

Fahrianur et al., “Implementasi Literasi di Sekolah Dasar,” Journal of Student Research (JSR), vol. 1, no. 1, pp. 102–113, 2023.

Latifah and F. P. Rahmawati, “Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 5021–5029, 2020, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

W. D. Patriana, S. Sutama, and M. D. Wulandari, “Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3413–3429, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1302.

H. N. Maziyah and E. Zumrotun, “Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Di Sdn 3 Karangaji,” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, vol. 5, no. 1, pp. 157–164, 2024, doi: 10.51494/jpdf.v5i1.1401.

Naimah & Sirwanti, “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Matematika SMP,” Journal of Innovatioan Research and Knowledge, vol. 3, no. 7, pp. 1365–1374, 2023.

Raudhatul Jannah, “Peranan Media Kartu Angka Dalam Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun,” Riskesdas 2018, vol. 3, pp. 103–111, 2015.

N. Rahmawati, W. H. Prasetiyo, R. B. Wicaksono, A. Muthali’in, M. Huda, and A. Atang, “Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital,” Buletin KKN Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 99–107, 2022, doi: 10.23917/bkkndik.v4i1.17822.

A. Syawaluddin, R. Mahmud, and N. Paronda, “Integration Model Development of Emotional Intelligence In Mathematical Problem-Based Learning,” ATLANTIS PRESS, vol. 335, no. ICESSHum, pp. 69–74, 2019, doi: 10.2991/icesshum-19.2019.11.

Y. K. Sinaga et al., “Penerapan Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung (CALISTUNG) dan Literasi dalam Bimbingan Belajar Gratis di SDN 094135 Tigabolon,” Indonesia Berdaya, vol. 3, no. 2, pp. 225–232, 2022, doi: 10.47679/ib.2022206.

A. Sunanda et al., “Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen,” Buletin KKN Pendidikan, vol. 2, no. 2, pp. 63–68, 2020, doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11842.

Downloads

Published

2025-05-09

Issue

Section

Articles