Pemberdayaan Siswa Melalui Sosialisasi Ecoprint sebagai Media Pembelajaran Kreatif dan Berbasis Lingkungan

Authors

  • Julaeha Universitas Muhammadiyah Bone
  • Romi Adiansyah Universitas Muhammadiyah Bone
  • Erwing Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v5i1.1347

Keywords:

Ecoprint, Kreativitas Siswa, Pembelajaran Seni, Edukasi Lingkungan, Pewarna Alami

Abstract

Sekolah Dasar Inpres Borong Ganjeng menghadapi permasalahan rendahnya pemanfaatan bahan alami dalam pembelajaran seni serta kurangnya kreativitas siswa dalam menciptakan karya berbasis lingkungan. Pewarnaan tekstil masih bergantung pada bahan kimia yang berdampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan. Program pengabdian ini memperkenalkan teknik ecoprint sebagai alternatif pewarnaan kain yang ramah lingkungan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan siswa dalam penyampaian materi, praktik pembuatan motif, serta evaluasi keterampilan. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap ecoprint sebesar 60%, peningkatan kreativitas dalam menciptakan motif sebesar 55%, dan peningkatan keterampilan motorik halus sebesar 50%. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu dan variasi warna dari bahan alami yang digunakan. Kesimpulannya, ecoprint terbukti efektif sebagai media pembelajaran seni yang ramah lingkungan dan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum sekolah serta melibatkan guru dan orang tua guna mendukung pembelajaran yang lebih berkelanjutan.

References

A. Susanti, A. Darmansyah, H. Hardiansyah, dan A. A. Rahman, “Fostering Creativity through the Implementation of Pancasila Student Profiles in Elementary Schools,” DWIJA CENDEKIA J. Ris. Pedagog., vol. 7, no. 3, 2023.

D. P. Widyaningrum, I. Khansa, Y. V. B. Kusuma, R. D. Saputra, N. Hafizha, dan Y. A. Hilman, “BATIK ECOPRINT SOLUSI EDUKASI SISWA SEKOLAH DASAR UNTUK PENGENALAN RASA CINTA TERHADAP LINGKUNGAN,” JURNA GEMBIRA Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 4, 2024.

A. Chusniati, M. F. Zuhry, K. Silvia, D. M. Azqiya, dan H. Ahmad, “PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DAN KETRAMPILAN SENI MELALUI PELATIHAN ECOPRINT KEPADA MASYARAKAT DI DESA KARANGDADAP,” vol. 2, no. 2, 2023.

Sony Sumarsono, “IMPLIKASI PENGELOMPOKAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI TERHADAP KREATIVITAS SISWA,” JOEL J. Educ. Lang. Res., vol. 2, no. 11, hlm. 1217–1230, Jun 2023, doi: 10.53625/joel.v2i11.5974.

M. Margaritiviera, N. Khotimah, A. Sya’dullah, dan S. Widayati, “PENGARUH MEMBATIK JUMPUTAN DENGAN PEWARNA ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK,” vol. 12, no. 3.

Sri, Sri Mayasari, Suparwi, dan Ica Salsa Bila, “Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Mengembangkan Keterampilan Wirausaha Bagi Siswa Madrasah Ibtida’iyah,” Educ. J. Community Serv. Educ., vol. 3, no. 2, hlm. 16–24, Des 2023, doi: 10.32585/educate.v3i2.4665.

M. Muhassin dan A. Sulistyawati, “Peningkatan Kreativitas dan Kesadaran Lingkungan melalui Edukasi Pembuatan Ecoprint bagi Siswa di Desa Sumber Agung, Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan,” SAKALIMA Pilar Pemberdaya. Masy. Pendidik., vol. 1, no. 1, hlm. 50–63, Jun 2024, doi: 10.70211/sakalima.v1i1.111.

Arief Setyo Nugroho, Bambang Sumardjoko, dan Anatri Desstya, “Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Melalui Karya Seni Ecoprint,” J. Elem. Edukasia, vol. 6, no. 2, hlm. 762–777, Jun 2023, doi: 10.31949/jee.v6i2.5120.

M. Aini, W. A. C. Kuendo, M. Y. Manuel, A. Kuron, dan A. R. P. Utami, “Pelatihan pembuatan ecoprint teknik pounding untuk melatih kreativitas siswa SDN Inpres Nontotera,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 8, no. 3, hlm. 2445–2455, 2024.

N. Alyannur dan A. S. Sitorus, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Permainan Membatik Ecoprint pada Daun dengan Teknik Pounding untuk AUD,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 3, hlm. 3740–3749, Agu 2024, doi: 10.37985/jer.v5i3.1527.

Downloads

Published

2025-04-17

Issue

Section

Articles