Digitalisasi Umkm: Pendampingan Pembuatan Gogle Maps Dan Pemasangan Banner Dalam Meningkatkan Pemasaran Lokal di Desa Gantiwarno

Authors

  • Muh. Sibawahi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Adam Rahman Suradi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Fatmawati Ramli Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Trisnowali MS Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone

Keywords:

Digitalisasi, UMKM, Google Maps, Banner, Pemasaran Lokal

Abstract

Program pengabdian masyarakat oleh Kelompok KKN 139 di Desa Gantiwarno yang bertujuan untuk membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pemasangan banner dan pembuatan Google Maps. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan kunjungan dan wawancara dengan pemilik UMKM lokal, seperti Pabrik Tahu Sri Pak Ino dan pengusaha jamur. Pemasangan banner berfungsi sebagai penanda lokasi untuk meningkatkan visibilitas UMKM, sehingga mempermudah pengemudi ojek online dan menarik perhatian calon pelanggan. Selain itu, evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah program melalui pengisian kuesioner untuk mengukur tingkat pengetahuan masyarakat tentang lokasi UMKM. Hasilnya menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah dilakukan tindakan tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi digital, diharapkan UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk mereka. Program ini mencerminkan pentingnya edukasi tentang teknologi digital dalam membantu pelaku usaha lokal.

References

I. Artikel, “Pembuatan NIB Dan Aplikasi Google Maps Dalam Pengembangan UMKM Desa Kebondalem Kabupaten Jombang,” vol. 4, no. 3, pp. 1837–1847, 2023.

N. H. Aushafina and I. Wikartika, “Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem melalui Aplikasi Google Maps : Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM Abstrak,” vol. 4, no. 3, pp. 477–483, 2023.

“5 . 1),” vol. 5, no. 2, 2022.

S. Harini et al., “OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PADA UMKM PECI,” vol. 2, no. 1, 2023.

F. Rahmat, A. Bukit, and F. Fahmi, “Pembuatan Website Katalog Produk UMKM Untuk Pengembangan Pemasaran dan Promosi Produk Kuliner,” no. September 2019, 2020, doi: 10.30595/jppm.v3i2.4317.

A. U. Syukri and A. N. Sunrawali, “Volume 19 Issue 1 ( 2022 ) Pages 170-182 KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN : 1907-3011 ( Print ) 2528-1127 ( Online ) Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro , kecil , dan menengah Digital marketing in the development of micro , small ,” vol. 19, no. 1, pp. 170–182, 2022, doi: 10.29264/jkin.v19i1.10207.

A. Merdekawati, A. Kurniawan, H. Leidiyana, and A. Ghazali, “Pelatihan Google Bisnisku Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja,” vol. 1, no. 2, pp. 66–70, 2021, doi: 10.54259/pakmas.v1i2.72.

D. Menggunakan and V. B. Net, “SISTEM INFORMASI GOOGLE MAPS,” vol. 4307, no. February, pp. 36–41, 2018.

D. Hidayat, E. Yunita, and D. Syarif, “Inovasi & Digitalisasi Umkm Menuju Masyarakat Mandiridi Desa Tebing Tinggi Tapan,” RANGGUK J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/RGK/article/view/3533%0Ahttps://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/RGK/article/download/3533/1133

J. Anggriany, I. Harahap, and A. N. Daulay, “Determinan yang mempengaruhi keberlanjutan bisnis toko sembako di Kecamatan Medan Denai,” vol. 10, no. 2, pp. 274–285, 2024.

Downloads

Published

2025-05-09

Issue

Section

Articles