Penyuluhan Strategi Pemasaran Kerajinan Rotan Melalui Digital Marketing di Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Menembus Pasar Asean
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v5i1.1271Keywords:
Digital Marketing, Asean Economic Community, International Market, Rattan CraftsmenAbstract
Pasar internasional adalah perluasan pasar dari pemasaran domestic yang bisa disebabkan oleh adanya pesanan dari luar negeri. Produk rotan merupakan salah satu sector industry yang telah berkembang saat ini produk rotan dari Indonesia banyak diminati oleh konsumen luar negeri. Barang-barang kerajinan rotan umumnya banyak diperdagangkan baik di tingkat lokal maupun internasional. Seiring dengan perkembangan zaman penjualan produk lebih mudah dengan adanya Perkembangan teknologi informasi mempermudah sarana berkomunikasi untuk menjalankan usahanya agar dapat mempermudah mendapatkan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku usaha baik tingkat local maupun internasional khususnya di negara – negara ASEAN, namum banyak pengrajin yang belum memanfaatkan teknologi digital untuk mengoptimalkan pemasaran produk mereka salah satunya pada penjualan produk rotan di rumbai pesisir kota pekanbaru. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah melakukan sosialisasi di kalangan masyarakat dan pengenalan penggunaan sistem informasi pemasaran secara digital bagi pelaku usaha khususnya Kerajinan Rotan di kota Pekanbaru, terdapat daerah yang banyak memproduksi kerajinan Rotan yaitu di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Meranti, Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru, metode PKM yang digunakan adalah dengan melakukan identifikasi masalah. Hasil dari Pengabdian Masyarakat ini dapat memberikan ilmu pengetahuan dan pemahaman pasar internasional pengembangan aplikasi pemasaran digital hingga dengan mudah melakukan ekspor kerjainan rotan.peningkatan pengetahuan dan wawasan terlihat dari hasil kuisioner yang mencapai 94.8%.
References
A. Asnawi, “Produktivitas Rakyat dan Daya Saing Indonesia di Pasar Internasional Sebagai Upaya Mendukung Tercapainya Pembangunan Nasional,” J. Ilm. Adm. Bisnis dan Inov., vol. 2, no. 1, pp. 195–208, 2018, doi: 10.25139/jai.v2i1.1151.
W. Dwitri, “Mengembalikan kejayaan rotan indonesia,” indonesia.go.id. Accessed: Feb. 02, 2025. [Online]. Available: https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7950/mengembalikan-kejayaan-rotan-indonesia?lang=1
E. W. Wibowo, “Analisis Ekonomi Digital Dan Keterbukaan Terhadap Pertumbuhan Gdp Negara Asean,” J. Lentera Bisnis, vol. 7, no. 2, p. 66, 2018, doi: 10.34127/jrlab.v7i2.235.
N. Nurfita Dewi Manajemen, F. Ekonomi dan Bisnis, and N. Nurfita Dewi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, “ANALISIS DAYA SAING DAN STRATEGI INDUSTRI FURNITUR ROTAN INDONESIA DI PERDAGANGAN INTERNASIONAL”, doi: 10.21776/jmrk.2022.01.1.10.
S. Husin, “Analisis Usaha Kerajinan Rotan Di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru,” Repos. Univ. Riau, vol. 3, no. 2, pp. 56–59, 2013.
D. I. Ekonomi, “STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI Furniture ROTAN INDONESIA DI KAWASAN ASEAN DAN TIONGKOK,” vol. 13, no. 3, pp. 169–182, 2016, doi: 10.17358/JMA.13.3.169.
Perindustrian perdagangan dinas, “Sistem Elektronik Perindustrian yang akuntabel dan terpadu provinsi riau,” sepatriau.go.id. [Online]. Available: https://sepat.riau.go.id/populasiindustri
R. Muhammad, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Medan: Kelompok Penerbit Perdana Mulya Sarana, 2022. [Online]. Available: http://repository.uinsu.ac.id/17323/1/Buku Wirausaha Pak Rifa%27i.pdf
Y. P. Putra, Z. Arifin, and M. K. Mawardi, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volum Ekspor (Studi Pada Bali Pasadena Rattan),” J. Adm. Bisnis, vol. 39, no. 1, pp. 179–184, 2016.
I. S. Amanda, M. Shihabudin, B. P. M. Jaya, and M. Fasyehhudin, “Peran Pemerintah dalam Pengembangan UMKM Nasional dan Membangun Negeri di Pasar Internasional,” Yust. Tirtayasa J. Tugas Akhir, vol. 2, no. 1, p. 13, 2022, doi: 10.51825/yta.v2i1.13641.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0