Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Kubis dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Masyarakat di Desa Siambo Kecamatan Anggeraja
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1229Keywords:
Pemanfaatan Limbah, Kesadaran Lingkungan , Pembelajaran BiologiAbstract
Di desa siambo, masyarakat menghadapi tantangan terkait pentingnya hidup bersih dan sehat. Pengetahuan tentang limbah, pupuk, dan pemanfaatannya sangat penting untuk meningkatkan kesadaran ini. Di perlukan pelatihan agar masyarakat mampu mengolah secara b nbah kubis dari lngkungan menjadi produk ramah lingkungan seperti pupuk organik cair (POC). Kesadaran lingkungan di masyarakat dapat menumbuhkan sikap positif terhadap perlindungan lingkungan. Penggunaaan pupuk organik cair dalam pertanian berkelanjutan sangat penting, meningkatkan kesuburan tanah, struktur, kapasitas retensi udara, penyediaanrtaha nutrisi secara bertahap, dan mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia. Selain itu, pupuk organik cair berkontribusi untuk mengurangi polusi tanah dan udara sekaligus mendukung keanekaragaman hayati. Secara keseluruhan, program pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampiran dikalangan petani, menekangkan manfaat, prosedur produksi, dan aspek lingkungan dari pemanfaatan pupuk organik cair seperti (POC).
References
M. A. R. Siregar, “Peran Pertanian Organik Dalam Mewujudkan Keberlanjutan Lingkungan Dan Kesehatan Masyarakat,” Lingkung. dan Kesehat. Masy., pp. 1–11, 2023.
T. Surtiningsih, F. Fatimah, N. Ni’matuzahroh, A. Supriyanto, and T. Nurhariyati, “Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Pada Kelompok Tani Di Kabupaten Probolinggo,” J. Layanan Masy. (Journal Public Serv., vol. 2, no. 1, p. 21, 2020, doi: 10.20473/jlm.v2i1.2018.21-24.
D. Maulinasari, A. Sugiharto, S. Khuzaimah, and N. Estiyantara, “Pemanfaatan Cairan Asam Laktat dari Fermentasi Limbah Kubis (Brassica Oleracea) untuk Pengawetan Buah Tomat dan Anggur,” J. Teknol. Bahan Alam, vol. 3, no. 1, pp. 27–33, 2024, doi: 10.23917/jtba.v3i1.3714.
Nurlaela, A. P. Astuti, and E. T. W. Maharani, “Analisis Pengaruh Penambahan Eco-Enzyme Limbah Kubis Terhadap Pengawetan Buah Tomat Dengan Perbandingan Variasi Substrat,” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 10, no. 2, pp. 122–131, 2022, [Online]. Available: http://ojs.undikma.ac.id/index.php/hydrogen/
M. A. Nugroho, “Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang,” Ibtidaiyyah J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 2, pp. 16–31, 2022, doi: 10.18860/ijpgmi.v1i2.1691.
R. Asmaul, “Pemanfaatan Larutan Laktat Hasil Fermentasi Limbah Kubis Untuk Meningkatkan Umur Simpan Pada Cumi-Cumi,” J. Teknol. Pangan dan Gizi, vol. 21, no. 1, pp. 32–36, 2022, doi: 10.33508/jtpg.v21i1.3696.
I. Rahayu, A. I. Suwarna, E. Wahyudi, A. Asfahani, and F. S. Jamin, “Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Membentuk Kesadaran Lingkungan dan Tanggung Jawab Sosial di Kalangan Pelajar,” Glob. Educ. J., vol. 2, no. 2, pp. 101–110, 2024, doi: 10.59525/gej.v2i2.344.
K. Protocol and C. Development, “9 . GLOBAL ENVIRONMENTAL CONCERNS,” no. Cdm, pp. 171–187, 1896.
Y. Astuti, M. Setyaningsih, and S. Lestari, “Alternatif Pengganti Ab Mix Pada Perangkat Hidroponik,” J. ABDI, vol. 7, no. 1, pp. 6–11, 2021, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/view/4424
K. Kamal and E. Firmansyah, “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Terampil J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 9, no. 2, p. 239, 2023, doi: 10.24042/terampil.v9i2.15825.
A. Septiana, R. Susanti, and K. Nazip, “Pengaruh Pupuk Organik Cair Daun Petai Cina (Leucaena leucocephala (Lam.) De Wit.) terhadap Pertumbuhan Tanaman Caisim (Brassica juncea L.) dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. IPA, pp. 457–468, 2017.
R. Harahap, G. Gusmeizal, and E. Pane, “Efektifikatas Kombinasi Pupuk Kompos Kubis-Kubisan (Brassicaceae) dan Pupuk Organik Cair Bonggol Pisang terhadap Produksi Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.),” J. Ilm. Pertan. ( JIPERTA), vol. 2, no. 2, pp. 135–143, 2020, doi: 10.31289/jiperta.v2i2.334.
U. Islam, N. Syarif, H. Jakarta, and M. Alam, “Pemanfaatan Penggunaan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA di MI / SD Utilization of the Use of the Surrounding Natural Environment as a Media to Support Science Learning in MI / SD,” vol. 4, no. 2, pp. 104–119.
A. Anggraeni, S. Muthohar, and N. Asiyah, “Pembuatan Eco Enzym Sebagai Media Pembelajaran dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan di TK Tarbiyatul Athfal 04 Kendal,” vol. 6, no. 1, pp. 13–25, 2024.
F. P. Arviani, D. Wahyudin, and L. Dewi, “The Effectiveness of Problem Based Learning Model in Improving Students’ Higher Order Thinking Skills,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 12, no. 4, pp. 627–635, 2023, doi: 10.23887/jpiundiksha.v12i4.65606.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0