Pemberdayaan Keterampilan Komunikasi dan Minat Baca Melalui Literasi Digital Siswa MA Darul Hikmah Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1093Keywords:
Literasi Digital Keterampilan , Komunikasi Minta BacaAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan minat baca siswa melalui pemberdayaan literasi digital di MA Darul Hikmah Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan komunikasi siswa dalam menyampaikan ide secara efektif dan kurangnya minat baca, terutama dalam pemanfaatan media digital yang relevan dengan pembelajaran modern. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan solusi melalui pendekatan partisipatif dan kolaboratif yang melibatkan 27 siswa kelas XII IPA 3 sebagai mitra sasaran. Proses pemberdayaan dimulai dengan analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara untuk mengidentifikasi tingkat literasi digital, keterampilan komunikasi, dan minat baca siswa. Pre-test dilakukan untuk mengukur pengetahuan awal siswa sebagai dasar intervensi. Program ini meliputi edukasi literasi digital, simulasi interaktif, serta pelatihan komunikasi efektif yang dirancang secara bertahap. Evaluasi dilakukan melalui post-test, observasi langsung, dan survei kepuasan peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan, dengan 85% siswa menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi, 78% memiliki pemahaman literasi digital yang lebih baik, dan 70% melaporkan peningkatan minat baca. Tingkat kepuasan siswa terhadap program ini juga sangat tinggi, mencapai 93%. Program ini berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan literasi digital siswa, yang sangat relevan dalam menghadapi tantangan era digital di lingkungan pesantren.
References
Effendy,O.U. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Mulyana, D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2015.
Ardilla, N. D dan Pramusinto, H. "Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Internal, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Provinsi Jawa Tengah". Jurnal Dinamika Pendidikan., vol.10, no.1, pp. 53–56, 2015.
Nasrullah, R. Literasi Digital: Memahami Etika dan Dampak Teknologi Informasi. Jakarta: Kencana, 2019.
Sari, M dan Putri, R. "Literasi Digital dalam Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa". Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol.7, no. 2, pp.103-110, 2018.
Hidayat, R. "Literasi Digital di Kalangan Pelajar: Tantangan dan Peluang". Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 123-132, 2021.
Tarigan, H.G. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008
Subiakto, H. "Rendahnya Minat Baca dan Implikasinya Bagi Pendidikan di Indonesia". Jurnal Ilmu Pendidikan, vol.12, no. 3, pp. 76-85, 2020.
Rahmawati, D."Literasi Digital: Menumbuhkan Minat Baca di Era Teknologi". Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, vol. 6, no.2, pp.145-158, 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0