Peningkatan Keterampilan Komunikasi Bilingual dan Minat Baca Tentang Konstruksi pada Siswa SMAN 5 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1092Keywords:
Keterampilan Komunikasi, Minat Baca, Konstruksi, Siswa SMAN 5Abstract
Minat baca siswa SMAN 5 Pekanbaru yang rendah menjadi hambatan dalam pengembangan literasi dan keterampilan komunikasi, khususnya dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan pengabdian dilakukan dengan tujuan meningkatkan minat baca dan keterampilan komunikasi siswa melalui metode interaktif, seperti teka-teki dalam bahasa Inggris dengan tema dongeng dan konstruksi. Metode kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan interaktif, serta pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan hasil tes. Analisis data menunjukkan peningkatan minat baca dan keterampilan komunikasi siswa setelah kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa 83,3% siswa mampu memahami materi yang disampaikan, dan minat baca meningkat di antara 61,9% siswa yang merasa puas dengan kegiatan tersebut. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca dan keterampilan komunikasi. Disarankan agar program serupa dilanjutkan secara berkesinambungan untuk mendukung perkembangan literasi di era digital.
References
Y. A. Poetra and I. A. Winanto, “Gaya Komunikasi Komunitas Ruang Baca Ciketingudik Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Dan Kreatifitas Anak-Anak,” J. Ilmu Komun., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2022.
M. E. Simbolon, A. Marini, and M. Nafiah, “Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 2, pp. 532–542, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449
N. Syafitri and Y. Yamin, “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6218–6223, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3207.
A. Sentoso, A. Wulandari, Jacky, Octavia, S. Kurniawan, and S. Thieng, “Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa,” Pros. Natl. Conf. Community Serv. Proj., vol. 3, no. 1, pp. 767–776, 2021, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6017/1945
N. E. Estiyanti, “Hubungan Literasi Digital dengan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas IX,” 2023. [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/100604/HUBUNGAN-LITERASI-DIGITAL-DENGAN-KETERAMPILAN-KOMUNIKASI-ILMIAH-SISWA-KELAS-IX
D. Mulyana, “Pengantar Ilmu Komunikasi,” Pengantar Ilmu Komunikasi. p. 69, 2008.
I. W. Redhana, “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 13, no. 1, 2019.
A. Tazkiya, M. Aldiansyah, G. Sonia, and H. S. Saparingga, “Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis Melalui Keterampilan Berkomunikasi,” J. Sos. Sains, vol. 1, no. 5, pp. 345–358, 2021, doi: 10.59188/jurnalsosains.v1i5.74.
E. Maylitha, S. N. Hikmah, S. Hanifa, P. Guru, and S. Dasar, “Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 8051–8062, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3667
N. N. K. Sari, Z. P. Maulida, and A. Salmawati, “Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 3, pp. 3685–3692, 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12571.
U. D. Siregar, “Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi,” JBSI J. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 3, no. 01, pp. 129–135, 2023, doi: 10.47709/jbsi.v3i01.2608.
R. R. Fauziah, A. Rahmaniatul, and N. Kamaliah, “Pentingnya Pemahaman Bahasa Inggris Mahasiswa dalam Era Digital,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 3, pp. 3728–3737, 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12526.
Y. E. Yanti and D. Mashitho, “Hubungan literasi membaca dengan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD negeri di desa Bangelan kecamatan Wonosari,” Prim. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 106–113, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/4172
Lutfil Amin, Moch. Fauzi, Mathori Mathori, Nasiruddin Nasiruddin, Miftahus Surur, and Ahmad Hafas Rasyidi, “Analisis Metode Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Pembelajaran,” J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 2, pp. 01–12, 2024, doi: 10.59031/jkppk.v2i2.314.
A. Rofi’i and S. V. Susilo, “Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1593–1603, 2022.
Y. A. Subhan, S. Sunardi, U. Hani, and K. Aziz, “Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris,” Madaniya, vol. 2, no. 4, pp. 368–372, 2021, doi: 10.53696/27214834.103.
A. Larasati, “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa,” Didact. J. Kaji. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 27–31, 2021, doi: 10.56393/didactica.v1i1.104.
P. Ningrum, H. Maizir, and M. Asnawi, “Penggunaan Limbah Serbuk Kayu untuk Campuran Pembuatan Bata Ringan Hariskon,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 5, pp. 1291–1296, Oct. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i5.11477.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0