Peningkatan Keterampilan Komunikasi Bilingual dan Minat Baca Tentang Konstruksi pada Siswa SMAN 5 Pekanbaru

Authors

  • Delvia Roza Universitas Abdurrab
  • Fenny Anita Universitas Abdurrab
  • Puspa Ningrum Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1092

Keywords:

Keterampilan Komunikasi, Minat Baca, Konstruksi, Siswa SMAN 5

Abstract

Minat baca siswa SMAN 5 Pekanbaru yang rendah menjadi hambatan dalam pengembangan literasi dan keterampilan komunikasi, khususnya dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan pengabdian dilakukan dengan tujuan meningkatkan minat baca dan keterampilan komunikasi siswa melalui metode interaktif, seperti teka-teki dalam bahasa Inggris dengan tema dongeng dan konstruksi. Metode kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan interaktif, serta pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan hasil tes. Analisis data menunjukkan peningkatan minat baca dan keterampilan komunikasi siswa setelah kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa 83,3% siswa mampu memahami materi yang disampaikan, dan minat baca meningkat di antara 61,9% siswa yang merasa puas dengan kegiatan tersebut. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca dan keterampilan komunikasi. Disarankan agar program serupa dilanjutkan secara berkesinambungan untuk mendukung perkembangan literasi di era digital.

References

Y. A. Poetra and I. A. Winanto, “Gaya Komunikasi Komunitas Ruang Baca Ciketingudik Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Dan Kreatifitas Anak-Anak,” J. Ilmu Komun., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2022.

M. E. Simbolon, A. Marini, and M. Nafiah, “Jurnal Cakrawala Pendas PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT BACA SISWA,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 2, pp. 532–542, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

N. Syafitri and Y. Yamin, “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6218–6223, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3207.

A. Sentoso, A. Wulandari, Jacky, Octavia, S. Kurniawan, and S. Thieng, “Pentingnya Literasi Dalam Era Digital Bagi Masa,” Pros. Natl. Conf. Community Serv. Proj., vol. 3, no. 1, pp. 767–776, 2021, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/6017/1945

N. E. Estiyanti, “Hubungan Literasi Digital dengan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas IX,” 2023. [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/100604/HUBUNGAN-LITERASI-DIGITAL-DENGAN-KETERAMPILAN-KOMUNIKASI-ILMIAH-SISWA-KELAS-IX

D. Mulyana, “Pengantar Ilmu Komunikasi,” Pengantar Ilmu Komunikasi. p. 69, 2008.

I. W. Redhana, “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 13, no. 1, 2019.

A. Tazkiya, M. Aldiansyah, G. Sonia, and H. S. Saparingga, “Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis Melalui Keterampilan Berkomunikasi,” J. Sos. Sains, vol. 1, no. 5, pp. 345–358, 2021, doi: 10.59188/jurnalsosains.v1i5.74.

E. Maylitha, S. N. Hikmah, S. Hanifa, P. Guru, and S. Dasar, “Pentingnya Information and Communication Technology bagi Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Abad 21,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 8051–8062, 2022, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3667

N. N. K. Sari, Z. P. Maulida, and A. Salmawati, “Pentingnya Bahasa Inggris Pada Era Globalisasi,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 3, pp. 3685–3692, 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12571.

U. D. Siregar, “Bahasa Inggris sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi,” JBSI J. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 3, no. 01, pp. 129–135, 2023, doi: 10.47709/jbsi.v3i01.2608.

R. R. Fauziah, A. Rahmaniatul, and N. Kamaliah, “Pentingnya Pemahaman Bahasa Inggris Mahasiswa dalam Era Digital,” Karimah Tauhid, vol. 3, no. 3, pp. 3728–3737, 2024, doi: 10.30997/karimahtauhid.v3i3.12526.

Y. E. Yanti and D. Mashitho, “Hubungan literasi membaca dengan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD negeri di desa Bangelan kecamatan Wonosari,” Prim. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 106–113, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/primed/article/view/4172

Lutfil Amin, Moch. Fauzi, Mathori Mathori, Nasiruddin Nasiruddin, Miftahus Surur, and Ahmad Hafas Rasyidi, “Analisis Metode Penerapan Strategi Bercerita Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Pembelajaran,” J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Kebud., vol. 2, no. 2, pp. 01–12, 2024, doi: 10.59031/jkppk.v2i2.314.

A. Rofi’i and S. V. Susilo, “Kesulitan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1593–1603, 2022.

Y. A. Subhan, S. Sunardi, U. Hani, and K. Aziz, “Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris,” Madaniya, vol. 2, no. 4, pp. 368–372, 2021, doi: 10.53696/27214834.103.

A. Larasati, “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa,” Didact. J. Kaji. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 27–31, 2021, doi: 10.56393/didactica.v1i1.104.

P. Ningrum, H. Maizir, and M. Asnawi, “Penggunaan Limbah Serbuk Kayu untuk Campuran Pembuatan Bata Ringan Hariskon,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 5, pp. 1291–1296, Oct. 2022, doi: 10.31849/dinamisia.v6i5.11477.

Downloads

Published

2024-12-17

Issue

Section

Articles