Pemberdayaan Kearifan Lokal Mapaguli Dalam Pembelajaran Interaktif Berbasis Kreatif Inovatif Non-Formal Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1090Keywords:
Pemberdayaan, Kearifan Lokal, Mappaguli, Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Non-FormalAbstract
Pemberdayaan kearifan lokal melalui permainan tradisional memiliki potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran interaktif berbasis pendidikan non-formal. Kegiatan ini berfokus pada penerapan permainan "Mappaguli," permainan tradisional Bugis, sebagai media pembelajaran untuk anak-anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) yang mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam pembelajaran berbasis matematika. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa permainan Mappaguli efektif dalam mengenalkan konsep matematika seperti geometri, peluang, dan perbandingan dengan cara yang menyenangkan dan relevan. Selain itu, aktivitas ini juga melatih keterampilan sosial, kolaborasi, dan empati anak-anak, sekaligus meningkatkan motivasi dan minat belajar. Pendekatan ini menunjukkan bahwa permainan berbasis kearifan lokal dapat menjadi alternatif yang inovatif untuk pendidikan non-formal, mendukung pelestarian budaya tradisional dan pengembangan kompetensi siswa.
References
I. . A. J. Suryawan, “Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa,” Genta Hredaya, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2020.
S. R. Purnama and Jatmiko, “Penggunaan Permainan Kelereng dalam Pendekatan Etnomatematika sebagai Sarana Pembelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar,” Semin. Nas. Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran 3, pp. 286–293, 2024.
H. J. Prayitno, F. N. Rahmawati, K. I. N. Intani, and F. G. Pradana, “Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional,” J. Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2022, doi: 10.46843/jmp.v1i1.261.
F. Aiman and S. Bukhori, “Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal,” JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 7, no. 1, pp. 68–77, 2021, doi: 10.22219/jinop.v1i1.2441.
N. H. M. Sari and R. N. Switania, “Eksplorasi Konsep Matematika Dalam Permainan Tradisional Indonesia,” ProSANDIKA UNIKAL Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat. Univ. Pekalongan, vol. 2, pp. 75–82, 2020.
N. Marcheta and R. A. Kareem, “Efektifitas Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Kebudayaan Permainan Tradisional Siswa Sekolah Dasar di Indonesia,” J. Educ., vol. 06, no. 01, pp. 222–229, 2023.
R. Syaadah, M. H. A. A. Ary, N. Silitonga, and S. F. Rangkuty, “Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal,” Pema (Jurnal Pendidik. Dan Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 125–131, 2023, doi: 10.56832/pema.v2i2.298.
A. P. Widhiasih and S. Yunita, “Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini,” Ceria J. Progr. Stud. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 10, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.31000/ceria.v10i1.4831.
A. Eliza, P. Tisya, and G. M. Gustiya, “PEMBINAAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI METODE BERMAIN BAGI GURU-GURU PAUD NAVA DHAMMASEKHA KARUNA, TELUKNAGA, TANGERANG,” J. Pengabdi. Masy. Nusant., vol. 2, no. 4, pp. 96–105, 2022.
N. P. Astuti and S. Watini, “Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 8, no. 3, p. 2141, 2022, doi: 10.37905/aksara.8.3.2141- 2150.2022.
L. F. Ib’na and D. I. S. Arissona, “Penggunaan Permainan Tradisional Kelereng dalam Pembelajaran Matematika,” vol. 1, pp. 76–83, 2024.
M. F. Mei, S. B. Seto, and M. T. S. Wondo, “Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende,” EduMatSains J. Pendidikan, Mat. dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 29–38, 2020, doi: 10.33541/edumatsains.v5i1.1611.
S. Nita and W. Wahyuning, “Etnomatematika Permainan Kelereng sebagai Media Belajar Matematika Sekolah Dasar,” Indones. J. Islam. Elem. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 91–99, 2021.
Huri Suhendri and R. Ningsih, “Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng Di Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi,” J. Deriv. J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, pp. 2549–2616, 2022, doi: 10.31316/jderivat.v10i1.4289.
E. Dwi Putra and W. Indah Lestari, “Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Neker (Kelereng),” Laplace J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 236–247, 2024, doi: 10.31537/laplace.v7i1.1799.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0