Sosialisasi 3 Dosa Besar Pendidikan Untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik di SMPN 5 Anggeraja
DOI:
https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1086Keywords:
Dosa Besar Dalam Pendidikan, Nilai karakter Peserta Didik, Sosialisasi PendidikanAbstract
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan strategi pencegahan terhadap tiga pelanggaran utama dalam pendidikan bagi siswa SMPN 5 Anggeraja. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode ceramah atau presentasi untuk menyampaikan materi secara langsung kepada para siswa di sekolah tersebut. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa mengenai tiga pelanggaran besar dalam pendidikan dan dampak negatifnya, serta menawarkan solusi praktis yang dapat mendukung pengembangan karakter siswa secara optimal. Dari hasil kegiatan ini, diharapkan siswa dapat mempelajari akibat dari tindakan seperti perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi, sehingga perilaku tersebut dapat dicegah atau bahkan dihilangkan. Selain itu, sekolah diharapkan menyediakan ruang khusus bagi siswa untuk memberikan pemahaman tentang tata krama berteman, tata krama belajar, serta dampak negatif dari perundungan dan kekerasan seksual. Kegiatan sosialisasi ini melibatkan 63 siswa dari kelas 8 hingga 9 dan dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Oktober 2024 secara tatap muka langsung.
References
U. Sultan, A. Tirtayasa, K. Serang, and P. Banten, “Optimalisasi Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter untuk Mencegah Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah,” vol. 3, no. 2, pp. 1156–1165, 2024.
R. Nuriafuri, D. Rakhmawati, and A. Handayani, “Penanaman nilai-nilai karakter siswa dalam upaya pencegahan terjadinya 3 dosa besar dunia pendidikan,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 10, no. 1, pp. 659–669, 2024.
D. Gujarati and D. Porter, “No nilai karakter siswa,” 2010.
F. Harahap, “Teori Perkembangan Tahap Hubungan Romantis Sebagai Acuan Orang Tua Mendampingi Remaja Berpacaran,” Bul. Psikol., vol. 31, no. 2, p. 192, 2023, doi: 10.22146/buletinpsikologi.87386.
D. FAUZIYAH, “Tinjauan Umum Tentang Perundungan (Bullying),” Kriminologi, vol. 5, p. 16, 2019.
Kenemppa and , “Bullying Pada Remaja,” pp. 1–23, 2016, [Online]. Available: http://etheses.iainkediri.ac.id/1094/3/933415614-BAB II.pdf
S. N. E. L. Lusiana and Siful Arifin, “Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak,” Kariman J. Pendidik. Keislam., vol. 10, no. 2, pp. 337–350, 2022, doi: 10.52185/kariman.v10i2.252.
et al Tsamara Yumna, Nissa Shara, Fadhillah Alfi, “Pembelajaran Pencegahan Kekerasan Seksual Jenjang PAUD,” 2023.
D. Murdijana, S. N. Hodijah, E. Mukarramah, S. A. Prawitasari, D. Prameswari, and R. N. Sugiri, “Risalah Kebijakan Kekerasan Seksual: Stogma yang Menghambat Akses pada Pelayanan,” Buku Komisi Nas. Anti Kekerasan Terhadap Peremp. (Komnas Perempuan), vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2019.
F. Octaviani and N. Nurwati, “Analisis Faktor Dan Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak,” J. Ilmu Kesejaht. Sos. Humanit., vol. 3, no. II, pp. 56–60, 2021, doi: 10.23969/humanitas.v3iii.4118.
M. A. Dr. Susanto, “DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF Editor :,” pp. 1–128, 2017.
S. Amir and A. Hakim, “Pencegahan Sikap Intoleransi Pada Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Pancasila,” Semin. Nas. Pendidik. Dasar, vol. 1, pp. 52–62, 2018, [Online]. Available: https://repository.bbg.ac.id/handle/680
“MEDIA PUBLIKASI ILMIAH IAKN AMBON.”
A. Handajani, N. Hasan, and T. K. Christiani, “Kecenderungan Intoleransi Dan Peran Pendidikan Agama Di Sma Negeri Yogyakarta,” Wahana, vol. 71, no. 2, pp. 73–82, 2019, doi: 10.36456/wahana.v71i2.2141.
Mindariati, Aunnurrahman, and Halida, “Dampak Perilaku Intoleran terhadap Psikologis dan Karakter Siswa di Jenjang SMA,” J. Educ., vol. 06, no. 01, pp. 9564–9572, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JDISTIRA - Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA provides open access to anyone, ensuring that the information and findings in the article are useful to everyone. This journal article's entire contents can be accessed and downloaded for free. In accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDISTIRA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0