Sosialisasi Pengembangan Produk Olahan Tepung Ubi Kayu Fermentasi dan Manajemen Pemasaran Pada Kelompok Ibu PKK Desa Rahanggada Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka

Authors

  • Abdul Rahim Rahim Universita Sembilanbelas November Kolaka
  • Fitrah Adelina Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Sudarmin Sudarmin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Qadaruddin Fajri Adi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Muhamad Stiadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1079

Keywords:

Sosialisasi, Produk Olahan Tepung, Ubi Kayu Fermentasi, Manajeman Pemasaran

Abstract

Program sosialisasi produk olahan tepung ubi kayu fermentasi dan manajemen pemasarannya dilaksanakan di Desa Rahanggada, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kelompok ibu-ibu PKK dalam mengolah ubi kayu menjadi produk bernilai tambah serta memasarkan hasil olahan tersebut secara efektif. Ubi kayu fermentasi dipilih karena potensi ekonominya dan kandungan gizinya yang tinggi. Pelatihan mencakup proses fermentasi, pengolahan tepung, serta strategi pemasaran, termasuk penggunaan media sosial. Hasilnya, para peserta menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam produksi dan pemasaran. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi kelompok ibu-ibu PKK dan membuka peluang usaha baru di lingkungan Desa Rahanggada.

References

Adelina F, Rahim A, Erning Indrastuti Y, Nurkhalisah. Karakteristik Sensori Dan Mikrobiologi Saus Cabai Dengan Penambahan Tepung Ubi Kayu Fermentasi. J Sains dan Teknol Pangan. 9(1), 7046–54, 2024,

Aristya, G. R., Fahrezi, H. Z., & Fukusalam, H. Pemanfaatan Komoditas Singkong Sebagai Potensi Produk Unggulan Lokal Masyarakat Di Kulon Progo Yogyakarta. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3878-3886, 2024.

Dina, R. A., Kamila, R. R., Wassalwa, U. S., Kurniawati, N., Yuniar, R., Dewi, T., dan Yudha, E. P. Pemanfaatan Potensi Hasil Pertanian Singkong Sebagai Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour). Abdimas Galuh, 5(1), 841-851, 2023

Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D. P., dan Erwanti, N. Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Bagi Pelaku UMKM. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8-11, 2021

Purwandani, U., et al. Pengaruh fermentasi pada nilai gizi dan sifat fisikokimia tepung ubi kayu. Jurnal Pangan dan Gizi, 5(2), 12-18, 2016

Rahim A, Santoso I, Astuti R, Sucipto S. Analisis Teknoekonomi Implementasi Radio Frequency Identification (RFID) dalam Distribusi Daging Ayam. J Edukasi dan Penelit Inform.;6. (1):79, 2020

Suparno, dan Subandi. Strategi pemasaran produk pertanian berbasis kearifan lokal. Jurnal Agribisnis Indonesia, 7(1), 45-53, 2019

Maghfiroh, K., & Nuswardhani, R. S. K. Diversifikasi pengolahan singkong untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Teknologi Pangan: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 10(2), 106-114, 2019

Asmoro, N. W. Program Kemitraan Masyarakat Melalui Produksi Tepung Mocaf Kelompok Tani Desa Gedong Kec. Ngadirojo Wonogiri. SENADIMAS, 2018

Downloads

Published

2024-11-22

Issue

Section

Articles