Meningkatkan Minat Baca Dengan Sosialisasi Revitalisasi Perpustakaan Desa Siambo Kabupaten Enrekang

Authors

  • Aidil Mulia Sarif Universitas Muhammadiyah Bone
  • Rasyid Ridha Universitas Muhammadiyah Bone
  • Ilham Ilham Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v4i2.1050

Keywords:

Revitalisasi, Minat Baca, Perpustakaan Desa

Abstract

Revitalisasi perpustakaan desa merupakan langkah strategis untuk meningkatkan budaya literasi dan akses informasi di masyarakat. Artikel ini membahas upaya revitalisasi yang dilakukan di Desa Siambo, Kabupaten Enrekang, dengan tujuan utama untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan menyediakan akses informasi yang lebih baik. Melalui program ini, kami bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengatasi kendala yang dihadapi oleh perpustakaan desa, seperti kurangnya koleksi buku yang relevan dan minimnya kegiatan literasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini mencakup survei, wawancara, pelatihan keterampilan literasi, dan pengembangan koleksi perpustakaan. Dengan melibatkan masyarakat secara aktif dalam program-program perpustakaan, kami berharap dapat mendorong partisipasi yang lebih besar dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kunjungan dan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan perpustakaan. Masyarakat menunjukkan antusiasme yang lebih besar terhadap literasi dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi. Kesimpulan dari pengabdian ini menegaskan bahwa perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga sebagai pusat informasi dan pembelajaran yang berkelanjutan, yang dapat memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan literasi. Revitalisasi ini diharapkan dapat menjadi model bagi desa lain dalam upaya meningkatkan literasi

References

A. Julia, N. A. Solikha, L. Salsabila, I. A. Kharisma, and A. Aulia, “Pemberdayaan Desa Melalui Program Pengembangan Perpustakaan Desa, Pendidikan Desa, dan Sosialisasi Pendidikan Tinggi,” Cendekia J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 55–60, 2021.

R. G. Gifari et al., “Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa,” Al-Khidmah J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 90–102, 2024.

R. T. Atmi, E. Gunarti, F. Mutia, and I. C. Prihatini, “Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial,” J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 3, pp. 486–497, 2022.

L. Andriyani, M. Purwati, A. G. Wijayanti, H. Rahmawati, H. L. Putri, and D. N. Khotimah, “Optimalisasi Peran Perpustakaan Desa Guna Meningkatkan Minat Literasi di Desa Banjarnegoro Mertoyudan,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 23, 2022.

R. T. Atmi et al., “Pengembangan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial di Desa Pesing Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 457–466, 2023.

N. W. Rustiarini and N. K. C. Dewi, “Penataan Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Literasi Membaca,” LOSARI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 8–15, 2021.

M. T. Widayanto, “Optimalisasi perpustakaan desa untuk meningkatkan budaya literasi di Desa Jatiadi, Kabupaten Probolinggo,” J. Pengabdi. Barelang, vol. 2, no. 01, pp. 32–39, 2020.

A. Alfiana, L. S. Mulatsih, S. Kakaly, R. Rais, L. Husnita, and A. Asfahani, “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Edukasi Digital Di Era Teknologi,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 4, pp. 7113–7120, 2023.

W. Ramadhan et al., “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Dan Umkm Dengan Kegiatan Kkn Didesa Teluk Lecah,” JDISTIRA-Jurnal Pengabdi. Inov. dan Teknol. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 238–246, 2023.

R. Ridwan, R. Rohana, and H. Susilawati, “Revitalisasi Perpustakaan Sekolah untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Aliyah (Ma) Hidayatullah Mataram,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 7, no. 3, pp. 2155–2160, 2023.

D. P. dan Kearsipan, “Perpustakaan dan Pendidikan Dorong Literasi yang Integral Untuk Masyarakat Berpengetahuan dan Produktif,” 2023. https://dispustaka.enrekangkab.go.id/perpustakaan-dan-pendidikan-dorong-literasi-yang-integral-untuk-masyarakat-berpengetahuan-dan-produktif/

N. Komariah, E. Saepudin, and E. N. Rukmana, “Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat,” Berk. Ilmu Perpust. Dan Inf., vol. 17, no. 1, pp. 112–127, 2021.

E. Kosasih, Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara, 2021.

M. Nurpuzianah, F. A. Naashir, and M. Fitriyah, “Peranan Perpustakaan Taman Literasi Dalam Meningkatkan Budaya Cinta Membaca,” J. Literasi dan Pembelajaran Indones., vol. 3, no. 2, pp. 282–288, 2023.

R. A. Rachman, D. Sugiana, and H. Rohanda, “Strategi sukses transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial untuk masyarakat sejahtera (studi pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar Membaca Malang),” in Seminar Nasional MACOM III Universitas Padjadjaran, 2019.

Downloads

Published

2024-12-01

Issue

Section

Articles