Pemanfatan E-Comarce dalam Peningkatan Aspek Penjualan Produk Jelly Candy di Desa Teluk Kenidai

Authors

  • Debi Setiawan Universitas Abdurrab
  • Dewi Sartika Siagian Universitas Abdurrab
  • Lidya Siagian Universitas Abdurrab
  • Putri Dwi Retno Universitas Abdurrab
  • Ramalia Noratama Putri Institut Bisnis ddan Teknologi Pelita Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58794/jdt.v4i1.1028

Keywords:

Toga, Desa Digital, E Comarce

Abstract

Abstrak - Pengabdian teknologi dan Kesehatan di Desa Teluk Kenidai bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk local melalui sosialiasi penggunaan e-commerce, khususnya platform Toko Pedia. Desa Bukit Jaya memiliki potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produknya. Sosialisasi ini dilakukan melalui observasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM tentang e-commerce, pembuatan akun, dan penggunaan Toko Pedia. Penerapan pemasaran digital melalui e-commerce berhasil meningkatkan keterampilan peserta dalam mempromosikan produk mereka secara online, yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan daya saing UMKM di pasar yang lebih luas. Desa Teluk Kenidai memiliki potensi usaha mikro,kecil, dan menengah (UMKM) yang belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produknya. Sosialisasi ini dilakukan melalui observasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM tentang e-commerce, pembuatan akun, dan penggunaan TokoPedia. Penerapan pemasaran digital melalui e-commerce berhasil meningkatkan keterampilan peserta dalam mempromosikan produk mereka secara online, yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan daya saing UMKM di pasar yang lebih luas. Dan dapat diakses melalui https://ejelycandy.com.

References

Hariono, T., Ashoumi, H., Tabiin, H. Q., & Faizin, M. K. (2021). PKM Pembuatan Commerce Desa

Banjarsari.JumatInformatika:JurnaLPengabdianMasyarakat,2(2),51-55.

https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_if/article/view/1716

Rahmadani, N., Handayani, M., Rohminatin, R., & Putri, P. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Bagi Generasi

Milenial. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 3(2), 123-128.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Membangun Positioning

di Tengah Pandemi Covid-19 di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.

Hoffman DJ, Sawaya AL, Verreschi I, Tucker KL,Roberts SB, 2000. Why are nutritionallystunted children at

increased risk ofobesity? Studies of metabolic rate and fat oxidation in shantytown children from São Paulo,

Brazil. Am J Clin Nutrition 72:702–7

Kusharisupeni, 2002. Peran status kelahiran terhadap stunting pada bayi : sebuah studi prospektif, Jurnal

Kedokteran Trisakti,2002,23 : 73-80.

Downloads

Published

2024-10-09

Issue

Section

Articles