Peran Lembaga Perlindungan Konsumen dalam Menjamin Hak-Hak Konsumen di Indonesia

Authors

  • Ubaid Aisyul Hana Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, Universita Islam Negeri Surabaya
  • Putri Billqhis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58794/bns.v5i1.1448

Keywords:

perlindungan konsumen, hak konsumen, keadilan transaksi

Abstract

Sejak era digitalisasi, sektor perdagangan dan konsumsi masyarakat Indonesia saat ini telah mengalami banyak sekali pertumbuhan yang sangat cepat. Selain itu, berbagai kemungkinan pelanggaran hak konsumen kini kian meningkat, mulai dari informasi palsu hingga produk yang tidak memenuhi persyaratan keamanan. Oleh karena itu, lembaga perlindungan konsumen menjadi sangat penting dalam menjaga keseimbangan antara konsumen dan pelaku usaha. Organisasi ini bertanggung jawab untuk mengawasi dan melindungi hak-hak konsumen atas keamanan, kenyamanan, informasi yang akurat, dan keadilan dalam transaksi berdasarkan undang-undang seperti Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Selain itu, aktivitas lembaga ini meningkatkan kesadaran bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga sistem ekonomi yang sehat untuk melindungi para konsumen. Penelitian ini menunjukkan betapa efektifnya lembaga perlindungan konsumen dan betapa sulitnya melindungi hak- hak konsumen di era digital dan globalisasi.

References

P. A. O. Apandy, Melawati, and P. Adam, “Pentingnya Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Jual Beli,” J. Manaj. Bisnis Jayakarta, vol. 3, no. 1, pp. 12–18, 2021, doi: 10.53825/jmbjayakarta.v3i1.85.

K. Yessy and dan G. Sharon, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta. 2022.

B. Andjani and A. F. Rosando, “Tinjauan Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha dalam E-Commerce Yang Dirugikan Akibat Dugaan Order Fiktif,” Bureaucracy, vol. 3, no. 1, pp. 697–723, 2023, doi: 10.53363/bureau.v3i1.211.

A. S. Wahongan, Y. Simbala, and V. Y. Gosal, “Strategi Mewujudkan Keamanan Pangan Dalam Upaya Perlindungan Konsumen,” LexEtSocietatis, vol. 9, no. 3, pp. 1–26, 2021.

U. N. Tahun et al., “Sosialisasi Dan Edukasi Hak Dan Kewajiban Konsumen Berdasarkan,” vol. 02, no. 02, pp. 549–554, 2024.

Y. Daeng, J. Kasmira, A. Guswandi, B. Keristian, J. T, and A. K. Nasution, “Peran Lembaga Perlindungan Konsumen Dalam Menegakkan Hak Konsumen Di Indonesia,” Nasution Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 6, pp. 2883–2890, 2023.

Itra Saleh, Nur Mohamad Kasim, and Dolot Alhasni Bakung, “Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen,” Eksekusi J. Ilmu Huk. dan Adm. Negara, vol. 1, no. 3, pp. 358–369, 2023, doi: 10.55606/eksekusi.v1i3.543.

T. T. Tambuwun, “Peranan Badan Pengawas Obat Dan Makanan (Bpom) Dalam Perlindungan Konsumen Yang Mengandung Zat Berbahaya,” Lex Priv., vol. 8, no. 4, p. 11, 2020, [Online]. Available: file:///C:/Users/ANTHO/Downloads/jak_lexprivatum,+10.+Tyrsa+Tesalonika+Tambuwun_privatum.pdf

F. S. Izazi, P. Sajena, R. S. Kirana, and K. Marsaulina, “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dalam Transaksi E-Commerce Melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik,” Leuser J. Huk. Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 8–14, 2024, [Online]. Available: https://journal.myrepublikcorp.com/index.php/leuser/article/view/73

S. P. Siregar, “Kepastian Hukum Perlindungan Konsumen Sesuai Dengan Ketentuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen,” J. Law, Adm. Soc. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 228–233, 2024, doi: 10.54957/jolas.v4i2.619.

A. Maharani and A. Darya Dzikra, “Fungsi Perlindungan Konsumen Dan Peran Lembaga Perlindungan Konsumen Di Indonesia : Perlindungan, Konsumen Dan Pelaku Usaha (Literature Review),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 6, pp. 659–666, 2021, doi: 10.31933/jemsi.v2i6.607.

N. Juwitasari, D. S. Rs, M. Junaidi, and S. Soegianto, “JASA EKSPEDISI CONSUMER PROTECTION OF USERS canggih membuat perkembangan dunia maya semakin pesat , tidak saja dalam konteks,” J. USM Law Rev., vol. 4, no. 2, pp. 688–701, 2021.

Marsha Azhar Nadhira, “Tinjauan Yuridis Legalitas Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (Lpksm) Serta Perannya Dalam Melindungi Konsumen Di Indonesia,” Gloria Justitia, vol. 3, no. 1, pp. 27–44, 2023, doi: 10.25170/gloriajustitia.v3i1.4393.

K. Sukarna, “Peran Lembaga Perlindungan Konsumen Terhadap Konsumen Dan Pelaku Usaha,” Huk. dan Masy. Madani, vol. 6, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.26623/humani.v6i1.851.

R. I. Sitepu and H. Muhamad, “Efektifitas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Bpsk) Sebagai Lembaga Penyelesaian Sengketa Konsumen Di Indonesia,” J. Rechten Ris. Huk. dan Hak Asasi Mns., vol. 3, no. 2, pp. 7–14, 2022, doi: 10.52005/rechten.v3i2.35.

Y. Susantri, “Perlindungan Terhadap Hak-Hak Konsumen Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia,” CONSTITUO J. State Polit. Law Res., vol. 1, no. 1, pp. 44–58, 2022, doi: 10.47498/constituo.v1i1.1210.

T. Berlianty, A. Balik, and R. F. Sopamena, “Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Atas Hak-Hak Konsumen,” AIWADTHU J. Pengabdi. Huk., vol. 2, no. 1, p. 35, 2022, doi: 10.47268/aiwadthu.v2i1.713.

A. Mazli, “Urgensi Pembaharuan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Indonesia Di Era E-Commerce,” J. Lex Renaiss., vol. 6, no. 2, pp. 298–312, 2021, doi: 10.20885/jlr.vol6.iss2.art6.

Y. L. Fista, Aris Machmud, and S. Suartini, “Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Transaksi E-commerce Ditinjau dari Perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen,” Binamulia Huk., vol. 12, no. 1, pp. 177–189, 2023, doi: 10.37893/jbh.v12i1.599.

N. Hardiati, “Etika Bisnis Rasulullah SAW Sebagai Pelaku Usaha Sukses dalam Perspektif Maqashid Syariah,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 1, p. 513, 2021, doi: 10.29040/jiei.v7i1.1862.

J. Tatianna, M. Aditya, P. Putra, U. Udayana, D. P. Klod, and K. D. Barat, “PRODUK TIDAK SESUAI DI MARKETPLACE : TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DAN PERAN LEMBAGA,” vol. 3, no. 1, 2025.

I. Anwar and M. Lobubun, “The Role and Function of Legal Aid Posts (Posbakum) at Biak’s Religious Court Class IIB,” Volksgeist J. Ilmu Huk. dan Konstitusi, vol. 4, no. 2, pp. 139–151, 2021, doi: 10.24090/volksgeist.v4i2.5184.

V. No et al., “Dinamika Perlindungan Konsumen : Tantangan dan Strategi Resolusi di Indonesia,” vol. 1, no. 1, pp. 77–81, 2024.

B. C. Linda, J. A. Kermite, and M. Karundeng, “Kajian Hukum Internasional Terhadap Negara Yang Melanggar Prinsip-Prinsip Wto (World Trade Organization),” Lex Priv., vol. 10, no. 4, pp. 1–15, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/42399

Z. Hasan et al., “Issn : 3025-9495,” vol. 10, no. 3, 2024.

L. F. Muhamad and E. Rilvani, “Systematic Review: Perlindungan Konsumen Transaksi Online,” SMART Manag. J., vol. 1, no. 2, pp. 40–46, 2021, doi: 10.53990/smj.v2i1.8.

Ahmadi Miru dan Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen. 2008.

M. Y. S. Mewu and K. J. Mahadewi, “Perlindungan Konsumen Dalam Pembelian Produk Online: Analisis Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia,” J. Kewarganegaraan, vol. 7, no. 1, pp. 441–450, 2023.

G. N. A. D. Susila, “Peranan Lembaga Perlindungan Konsumen Terhadap Penjualan Obat-Obatan Melalui Internet,” J. Ilmu Huk., vol. Vol. 4, no. 3, pp. 1–6, 2017, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/71155

M. J. Maulana, “Perlindungan Konsumen Dalam Ecommerce,” Masal. Huk., vol. 41, no. 1, p. 41, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mmh/article/view/4156/3789%0Ahttps://ejournal.undip.ac.id/index.php/mmh/article/view/4156

Downloads

Published

2025-08-12

Issue

Section

Articles