Pengaruh Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru

Authors

  • Tirtha Syaputra Program Studi Bisnis Digital, Universitas Abdurrab
  • Mohammad Filbert Musnal Universitas Abdurrab
  • Ahmad Wildan Universitas Abdurrab
  • Faiz Akmal Universitas Abdurrab

DOI:

https://doi.org/10.58794/bns.v4i2.1282

Keywords:

Digital Marketing, UMKM, Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manfaat digital marketing dalam meningkatkan penjualan UMKM di  Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada UMKM sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelaku UMKM telah memanfaatkan digital marketing dalam memasarkan produknya tetapi pemahaman informan berkaitan dengan Digital Marketing yaitu Transaction Cost, Interactive, dan Design Program sudah baik. Sehingga terjadi peningkatan penjualan secara maksimal dengan adanya pemanfaatan Digital Marketing.

References

S. Assauri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

T. Abdullah and F. Tantri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

A. Athoillah, Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: CV. Pustaka Setia, 2010.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.

B. D. Swastha, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Swastha DH, Basu. and Irawan, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2008.

P. Kotler and K. . Keller, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2013.

B. Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2014.

P. Kotler and A. Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2011.

D. Sunyoto, Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: PT. Buku Seru, 2015.

N. Rahmayanty, Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Downloads

Published

2025-02-16

Issue

Section

Articles